Pengertian IP Address

IP Address( Internet Protokol Address ) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk setiap komputer host dalam jaringan internet. Panjang dari angka ini adalah 32 bit ( untuk IPv4 atau IP versi 4 ), dan 128 bit ( untuk IPv6 atau IP versi 6 ) yang menunjukan alamat dari komputer tersebut pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

IPv4
IP Address versi 4 dibentuk oleh sekumpulan bilangan biner 32 bit, yang dibagi menjadi 4 bagian. Setiap bagian panjangnya 8 bit. IP Address merupakan identifikasi setiap host pada jaringan internet. Artinya tidak boleh ada host lain yang menggunakan IP Address yang sama. Contoh IP Address sebagai berikut :
01000100.10000001.11111111.00000001
Apabila setiap bagian kita konfersikan kebilangan desimal maka IP Address diatas menjadi :
68.129.255.1
Bentuk penulisan IP Address diatas dikenal dengan notasi "doted decimal". Dalam Praktiknya, IP Address bentuk desimal inilah yang kita gunakan sebagai alamat Host.
IP Address yang digunakan untuk keperluan LAN disebut sebagai IP Private. Sedangkan IP Address yang digunakan untuk keperluan Internet disebut IP Publik.
Alamat IP yang dimiliki oleh sebuah host dapat dibagi dengan menggunakan subnet mask jaringan ke dalam dua buah bagian, yakni:
  • Network Identifier/NetID atau Network Address (alamat jaringan) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat jaringan di mana host berada.
    Semua sistem di dalam sebuah jaringan fisik yang sama harus memiliki alamat network identifier yang sama. Network identifier juga harus bersifat unik dalam sebuah Internetwork. Alamat network identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255.
  • Host Identifier/HostID atau Host address (alamat host) yang digunakan khusus untuk mengidentifikasikan alamat host di dalam jaringan. Nilai host identifier tidak boleh bernilai 0 atau 255 dan harus bersifat unik di dalam network identifier di mana ia berada.

Kelas IP Address
Secara Umum IP Address dapat dibagi menjadi 5 kelas. Kelas A, B, C, D dan E. Namun dalam praktiknya hanya kelas  A, B dan C yang dipakai untuk keperluan umum. Ketiga kelsa IP Address ini disebut IP Address Unicast. IP Address kelas  D dan E digunakan untuk keperluan khusus. IP Address kelas D disebut juga IP Address Multicast. sedangkan IP Address kelas E digunakan untuk keperluan riset.
  • Alamat Unicast, merupakan alamat IPv4 yang ditentukan untuk sebuah antarmuka jaringan yang dihubungkan ke sebuah Internetwork IP. Alamat unicast digunakan dalam komunikasi point-to-point atau one-to-one.
  • Alamat Broadcast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh setiap node IP dalam segmen jaringan yang sama. Alamat broadcast digunakan dalam komunikasi one-to-everyone.
  • Alamat Multicast, merupakan alamat IPv4 yang didesain agar diproses oleh satu atau beberapa node dalam segmen jaringan yang sama atau berbeda. Alamat multicast digunakan dalam komunikasi one-to-many.

Komentar

Postingan Populer