Jenis Jenis Tower Jaringan

Tower Jaringan Telekomunikasi adalah menara yang terbuat dari rangkaian besi atau pipa baik segi empat atau segitiga, atau hanya berupa pipa panjang yang bertujuan untuk menempatkan antena dan radio pemancar maupun sebagai penerima gelombang telekomunikasi dan informasi. Intinya tower BTS berfungsi untuk menjembatani perangkat komunikasi pengguna dengan jaringan yang menuju jaringan lain.

Berdasarkan lokasinya, tower jaringan dibagi menjadi dua jenis yaitu :
  1. Rooftop : Tower yang beridri diatas sebuah gedung atau bangunan. 
     
  2.  Greenfield : Tower yang berdiri langsung diatass tanah. 
     
 Berdasarkan bentuknya tower jaringan dibagi menjadi tiga jenis yaitu :
  1. Rectangular Tower 
    Tower ini berbentuk segi empat dengan empat kaki.  Tower jenis sangat jarang sekali dijumpai roboh. Rectangular Tower memiliki ketinggian sekitar 42 meter. tower ini kuat dan mampu menampung banyak antena dan radio.
  2. Triangle Tower
    Tower berbentuk segitiga untuk memakai besi dengan diameter 2 cm ke atas. Beberapa kejadian robohnya tower jenis ini karena memakai besi dengan diameter dibawah 2 cm. Ketinggian maksimal tower jenis ini yang direkomendasikan adalah 60 meter. ketinggian rata-rata adalah 40 meter. Tower jenis ini disusun atas beberapa stage (potongan), stage ada yang 4 meter namun ada yang  5 meter. Makin pendek maka makin kokoh,  namun biaya pembuatan makin tinggi, karena setiap stage tali pengencang/spanner. Jarak patok spanner dengan tower minimal 8 meter. Makin panjang makin baik, karena ikatannya makin kokoh, sehingga tali penguat tersebut tidak makin meruncingg di tower bagian atas.
  3. Pole
     
Tower berupa tiang panjang dengan satu kaki. Tower ini dibagi menjadi dua macam, pertama tower yang terbuat dari pipa atau plat baja tanpa spanner, diameter antara 40 cm s/d 50 cm, tinggi mencapai 42 meter, yang dikenal dengan nama manopole.
 Tower kedua lebih cenderung untuk dipakai secara personal. Tinggi tower pipa sangat disarankan tidak melebihi 20 meter (lebih dari itu maka akan melengkung). teknis penguatannya dengan spenner. Kekuatan pipa sangat bertumpu pada spanner.

Komentar

Postingan Populer