Cara Limit Bandwidth User Hotspot Mikrotik

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana cara kofigurasi hotspot pada mikrotik, sekarang saya akan membahas tentang bagaimana melimit bandwidth. Membatasi/limit bandwidth pada hotspot mikrotik adalah hal yang sangat perlu dilakukan. mengingat wireless hotspot dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki hak akses, sehingga user hotspot perlu pembatasan bandwidth hotspot.

Baca : Cara konfigurasi Hotspot pada Mikrotik

Cara Membatasi Bandwidth User Hotspot Mikrotik Menggunakan Built-in Limiter : 

Rate Limit Pada Hotspot Server Profiles

Untuk membatasi bandwidth pada hotspot server profiles kita masuk pada IP>Hotspot>Server Profiles, kita klik dua kali pada profile hotspot kita, kemudian isi Rate Limit sesuai keinginan kita.
Penggunaan Rate Limit pada Server Profiles ini, secara otomatis akan membatasi total traffic pada jaringan Hotspot Mikrotik. Pada gambar diatas besaran Rate Limit yang di set pada jaringan Hotspot adalah sebesar 1m/1m, yang berarti 1Mbps untuk traffic upload dan 1Mbps untuk traffic download.

Rate Limit pada Hotspot User Profiles

 Untuk membatasi bandwidth pada hotspot server profiles kita masuk pada IP>Hotspot>User Profiles, kita klik dua kali pada user profile default, kemudian isi Rate Limit sesuai keinginan kita.
Penggunaan rate limit pada hotspot user profile ini, akan membatasi total traffic secara otomatis yang bisa dicapai oleh masing - masing client hotspot yang berada pada satu group.

Komentar

Postingan Populer